5 Minuman Khas Solo yang Punya Cita Rasa Unik!

putri   11 Agustus 2019 Ragam

foto:makanabis/kaskus

Kota Surakarta, atau biasa disebut kota Solo, adalah salah satu kota dengan keberagaman budaya. Salah satunya adalah diadakannya wayang orang secara rutin di THR Sriwedari. Selain itu, keanekaragaman kulinernya juga enggak kalah, lho. Kamu mungkin juga sudah mengetahui makanan khas dari Kota kelahiran Presiden kita ini. Bagaimana dengan minumannya? Apakah kamu tahu minuman khas Solo?


.

1. Es Dawet Jeruk Nipis


Es dawet ini mungkin terlihat berbeda dengan es dawet yang mungkin biasa kita kenal. Es dawet ini menggunakan sirup merah dan perasan jeruk nipis. Jangan dibayangkan rasanya akan manis seperti es dawet dengan kuah santan. Salah satu yang terkenal adalah dawet jeruk nipis Pak Cip. Legendaris banget nih di Solo. Sudah ada sejak 40 tahun lalu, lho. Butiran dawetnya berwarna putih. Dari kejauhan mungkin kamu akan mengira jika ini adalah es garbis.  


.

Es Potjong

Eh, jangan keburu takut dulu sama nama es nya. Bahan utama es ini adalah bubur sumsum, mochi, creamer, dan sirup merah. Kemudian diberikan toping sesuai selera, dan diberi es batu. Toppingnya pun kekinian banget, mulai dari buah-buahan seperti stroberi atau kelapa, nata de coco, biscuit hingga sereal. Gimana rasanya? Rasanya manis legit. Gurihnya sumsum dipadukan dengan manisnya sirup. Penasaran sama rasanya? Kamu bisa menemukan es ini di sekitaran jalan Slamet Riyadi, yaitu di sebelah barat THR Sriwedari. 


.

Wedang Dongo

Eh, jangan keburu marah-marah juga sama nama minumannya. Wedang Dongo, minuman khas Solo yang bentuknya hampir sama seperti wedang ronde. Katanya, sih bedanya ada pada ukuran dan jumlah rondenya. Air rebusan jahe yang menjadi kuah wedang ini, membuat perut siapapun yang menikmatinya menjadi hangat. Isian wedang dongo ini selain ronde, adalah kolang kaling dan kacang tanah. Pas dinikmati ketika cuaca sedang dingin atau kurang enak badan!


.

Es Dawet Telasih

Presiden kita, Pak Jokowi, suka banget mengonsumsi es dawet telasih ini. Beliau punya langganan di Pasar Gede Solo. Es dawet telasih ini memiliki butiran dawet berwarna hijau dengan kuah es dari santan dan gula. Isiannya berupa ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, dan telasih. Ditambahkan es batu, akan semakin membuat minuman ini sangat segar diminum saat siang hari yang terik. 


.

Es Gempol Pleret

Ini wajib banget dicicipin kalau kalian pergi ke Kota Solo. Minuman ini terdiri dari gempol dan juga pleret, yang dibuat dari tepung beras. Jika gempol berbentuk bulat, maka pleret berbentuk pipih dan berwarna merah muda. Kemudian disiramkan dengan santan dan juga gula jawa cair. Minuman ini biasa disajikan dalam keadaan dingin, dengan menambahkan es batu. Rasakan kelembutan dan kekenyalan dari gempol dan pleretnya. Secara keseluruhan, rasa dari minuman ini adalah manis dan juga segar!

Nah, kalau lagi berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi minuman khas solo di atas, ya. Pastinya bikin nagih!

Penulis: Putri aisya pahlawani


Artikel Terkait