4 Jenis Kepiting Sumber Olahan Lezat

Administrator   11 Juni 2019 Ragam

 

Kepiting.  Dagingnya   lembut, juicy dan gurih bikin semua orang suka banget menyantapnya. Apalagi kepiting bisa diolah dengan aneka bumbu-bumbu hingnga menjadi sajian masakan yang super lezat. Sebut saja menu kepiting asam manis, kari kepiting, atau kepiting saus padang. Eits, ternyata ada empat jenis kepiting  sering diolah jadi masakan super lezat. 


kulit cangkangnya empuk

Kepiting soka

Masuk dalam kategori   kepiting bakau. Akan tetapi kepiting soka memiliki keseluruhan bagian yang lunak. Sering dijual dalam keadaan beku, ketimbang dalam keadaan  masih hidup. Cangkangnya pun lunak sehingga kita bisa memakan cangkangnya tanpa harus memisahkan dengan dagingnya. Sering diolah dengan cara dilumuri dengan tepung lalu  digoreng. Bahkan ketika dimakan, cangkangnya terasa gurih. 


Ada bintik-bintiknya

Kepiting Rajungan

 Ini adalah jenis kepiting yang populer untuk diolah. Cangkangnya berwarna biru hingga hijau keputihan dan memiliki bintik-bintik yang menyebar di seluruh cangkang. Tubuh kepiting rajungan lebih  ramping jika dibandingkan dengan kepiting bakau. Begitu pula dengan capitnya yang lebih kecil dengan bentuk yang lonjong dan lebih panjang dibandingkan kepiting bakau. Harga kepiting rajungan cukup mahal, namun akan sebanding dengan kelezatan yang kamu rasakan. Dagingnya tebal, gurih, sedikit manis dan empuk. Jenis kepiting ini berbeda dengan kepiting pada umumnya, karena tidak hidup di dua alam. Kepiting rajungan menetap di air dan disebut dengan  kepiting perenang.


Memiliki daging yang lebih tebal

Kepiting bakau

Dari namanya, habitat kepiting ini ada di hutan bakau. Kepiting bakau hidup di dua alam, seperti kepiting pada umumnya. Bentuk cangkangnya bundar dengan tubuh yang memanjang. Kepiting bakau punya beberapa jenis, yaitu kepiting bakau lumpur, kepiting bakau lumpur ungu, kepiting bakau lumpur oranye dan kepiting bakau lumpur hijau. Perbedaannya terdapat pada warna capit serta cangkangnya.


Jangkang

 Orang Jawa menyebutnya sebagai jangkang. Kepiting berukuran kecil ini dapat ditemukan di pesisir pantai atau di kali. Kepiting ini berwarna gelap seperti lumpur. Jangkang tidak memiliki cangkang yang keras selayaknya jenis kepiting lainnya. Bahkan bisa disebut jika kepiting ini adalah kepiting kriuk atau kepiting tanpa cangkang. Dagingnya sangat sedikit, namun memiliki harga yang cukup mahal. Terkadang semua bagian jangkang dimanfaatkan dalam pembuatan sajian. Apa kepiting favoritmu? Putri Aisya


Artikel Terkait