3 Langkah Jitu Memilih Semangka

admin   23 Juli 2019 Tips n Trick

.

Semangka dikenal sebagai buah pencuci mulut alias   fruit dessert. Karena sebagai pencuci mulut, sudah pasti akan dihidangkan diakhir acara makan.   rasanya yang manis juga membuat semangka sangat disukai oleh banyak orang. Tapi apa jadinya jika daging semangka yang kita hidangkan tidak menarik. Warnanya tidak merah pekat, cenderung pucat. Tentu saja nafsu menyantap semangka akan turun drastis.

Beberapa olahan dari daging buah semangka juga beragam, mulaidari jus, sup buah dan es buah. Pokoknya, banyak yang menggunakan semangka sebagai buah utama atau sekedar campuran. Agar tidak terjadi salah pilih dan kecewa, sebaiknya Anda perhatikan 3 langkah jitu dalam memilih semangka berikut ini: 


.

Beratnya

Semangka adalah buah yang kaya kandungan mineral yang artinya buah tersebut berkadar air yang sangat tinggi. Itulah yang membuat semangka menjadi berat saat buahnya sudah matang sempurna.  Semangka yang matang sempurna akan terasa lebih berat dari nilai berat timbangannya. Jika Anda memilih  semangka yang   beratnya sudah terasa pas dan mantap, berarti kandungan air didalamnya juga banyak. Ini menandakan kalau semangka sudah siap untuk disantap.


.

Tepuk-Tepuk

Selain berat, semangka masang juga didapat diperhatikan dari suaranya. Jika saat ditepuk, suara yang dihasilkan semangka masih bergema kencang besar kemungkinan semangka tersebut belum matang. Namun jika suara yang dihasilkan berat atau tak begitu nyaring, ini adalah tanda jika semangka tersebut matang dan manis.


.

 

Warna Kulit

Umumnya semangka berwarna hijau dengan garis-garis hijau muda dan tua yang membuat motif mengelilinginya. Coba perhatikan pada bagian pangkal semangka, apabila masih berwarna hijau pucat, maka semangka ini belum matang. Perhatikan pola warna kuning seperti bercak. Jika ada warna tersebut artinya semangka tersebut sudah matang. Paskalis Andrew


Artikel Terkait