Asal Tidak Berlebih, Ini Manfaat Wine

admin   17 Juli 2019 Khasiat

.

Minum anggur atau wine? Mendengar kata-kata itu pasti kamu akan berpikiran negatif karena anggur merah identik dengan minuman beralkohol atau minuman keras yang bila diminum berlebihan dapat menyebabkan kita mabuk kepayang.

Wine  memang menjadi salah satu minuman yang cukup digemari. Meski kerap dipandang sebelah mata, namun anggur merah benar-benar memiliki manfaat positif bagi tubuh asal dikonsumsi secara wajar.

Banyak penelitian dilakukan selama bertahun-tahun mengenai dampak mengonsumsi anggur merah dengan peningkatan kesehatan. Mengonsumsi anggur merah pun diklaim membantu membuat panjang umur.

Selain itu, anggur merah dipercaya dapat menghentikan berbagai macam kanker dan menjaga kesehatan mental selalu dalam kondisi prima. Para peneliti pun mengaitkan minum anggur dengan kesehatan jantung yang lebih baik.



.

Tapi sekali lagi, yang perlu diingat adalah minum anggur merah hanya sehat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Pria juga hanya diperbolehkan minum tidak lebih dari dua gelas anggur per hari, sementara wanita hanya meminum satu gelas sehari.

Minum lebih banyak dari itu, justru akan membuat kamu berisiko mengalami masalah kesehatan seperti resiko demensia dan menyebabkan peradangan, depresi dan penyakit jantung. Pada kulit juga akan berdampak seperti benjolan kemerahan pada kulit. Ngeri bukan?

Selama ini mungkin kamu tahu tentang manfaat minum anggur merah tapi tidak menyadari kapan waktu serta kuantitas yang tepat untuk mengkonsumsinya. Ada kabar baik buat kamu yang suka minum segelas anggur merah setiap malam karena sangat membantu menjaga kesehatan. Nah, mari kita simak apa saja manfaat minum anggur merah bagi kesehatan.


.

1. Menurunkan Berat Badan

Kamu tahu, dengan minum satu gelas anggur merah, setara dengan satu jam latihan. Senyawa resveratrol alami yang ditemukan dalam anggur merah sebenarnya sama dengan kinerja olahraga.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Segelas anggur merah mengandung zat besi, magnesium, potasium dan lutein. Semua senyawa ini dapat mengurangi resiko terhadap katarak dan degenerasi makular yaitu hilangnya penglihatan sentral akibat kerusakan pada retina.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Anggur merah mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung. Minum segelas anggur merah sehari, mengurangi resiko terkena serangan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat.


.

4. Menyegarkan Napas

Anggur merah dapat berfungsi sebagai obat kumur karena mengandung flavan-3 yang dapat mengurangi bakteri jahat yang ada di mulut.

5. Kanker Payudara

Anggur merah dapat mencegah kanker payudara pada wanita. Anggur merah menurunkan kadar estrogen. Mengonsumsinya dalam jumlah sedang adalah kuncinya, jadi wanita tidak boleh mengonsumsi lebih dari satu gelas anggur per malam. Anggur merah memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan Anda, namun dengan catatan mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

6. Mencegah Demensia

Mengkonsumsi anggur merah secara tidak berlebihan dapat menunda penuaan otak. Konsumsilah satu hingga dua gelas dalam sehari sangat bermanfaat menurunkan resiko demensia.

Terlepas dengan semua kebaikan dan keburukannya, kebiasaan meminum anggur merah dan berapa banyak kamu mengkonsumsinya tergantung pada diri kita sendiri. Semua yang dikonsumsi secara berlebihan tidak akan mendatangkan manfaat yang menguntungkan. Paskalis Andrew.

 


Artikel Terkait